Jumat, 20 Mei 2011

PTK SEGI EMPAT

ABSTRAK

Budi Siswoyo, S.Pd. 2010. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sifat-sifat segiempat dengan pendekatan STAD (Student Teams-Achievement Divisions) di kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini bertujuan  untuk mencari model pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan materi KD 6.2 “Mengidentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajarangenjang, belahketupat dan layang-layang bagi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada kompetensi dasar diatas antara lain disebabkan materi pembelajaran yang disampaikan tidak bertahan lama dalam ingatan siswa, pembelajaran yang dilakukan guru masih monoton, cenderung menggunakan metode ceramah,  dan kurangnya motivasi belajar siswa ditandai dengan minimnya alat bantu belajar seperti pinsil, penggaris, penghapus dan sebagainya menyebabkan pembelajaran berlangsung kurang efektif dan efisien.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru sedang objeknya adalah pendekatan STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam pembelajaran KD 6.2 “Mengidentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajarangenjang, belahketupat dan layang-layang.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus 1, pembelajaran dilakukan dengan penekanan pada bagaimana cara mengaktifkan siswa, selanjutnya pada siklus 2, pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan STAD.
Dari penelitian yang dilakukan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa dalam menguasai materi KD 6.2 yang diberikan. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa pada materi ini meningkat sebesar 50,38% (hasil belajar siswa meningkat sebesar 22,81) dari kondisi awal sedang kondisi pada siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 28,12% (hasil belajar siswa meningkat sebesar 13,44) atau dengan kata lain tindakan yang dilakukan pada penelitian (terdiri dari 2 siklus) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 36,25 dan ketuntasan belajar sebesar 78,50%. Untuk itu peneliti merekomendasikan pada pelaksana pembelajaran (guru matematika) untuk melaksanakan pembelajaran pada materi ”Mengidentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajarangenjang, belahketupat dan layang-layangdengan menggunakan pendekatan STAD (Student Teams-Achievement Divisions).
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan STAD, Sifat-sifat Segiempat

Tidak ada komentar: