Jumat, 20 Mei 2011

PTK KESEBANGUNAN


ABSTRAKSI
Budi Siswoyo, S.Pd. “Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Materi Kesebangunan Bagi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kutalimbaru Tahun Pelajaran 2009/2010“

Penelitian ini bertujuan  untuk mencari strategi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mengajarkan materi kesebangunan bagi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kutalimbaru dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus 1, pembelajaran dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dan pada siklus 2, pembelajaran dilaksanakan melalui praktek lapangan.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kutalimbaru sedang objeknya adalah pembelajaran materi kesebangunan pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil dan praktek lapangan.
Dari penelitian yang dilakukan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi kesebangunan yang diberikan. Pada siklus I, peningkatan penguasaan materi ini meningkat sebesar 26,32 % dari kondisi awal sedang kondisi pada siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 28,95 % atau dengan kata lain tindakan yang dilakukan pada penelitian (terdiri dari 2 siklus) dapat meningkatkan penguasaan siswa sebesar 55,27 %.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pelaksana pembelajaran (guru matematika) untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dan kegiatan praktek lapangan.

Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Pembelajaran efisien, Kesebangunan

Tidak ada komentar: