Jumat, 20 Mei 2011

PTK BILANGAN BULAT

ABSTRAK
Kata Kunci : Operasi Hitung Bilangan Bulat, Model Pembelajaran Jigsaw
Budi Siswoyo, 2007. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru.
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi hitung bilangan bulat sekaligus mengefektifkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika sebanyak 3 orang termasuk peneliti, dan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutalimbaru Tahun Pelajaran 2007/2008 sebanyak 20 orang dengan teknik pengumpulan data adalah observasi dan supervisi kunjungan kelas oleh Kepala Sekolah untuk melihat efektifitas dan efisiensi kinerja guru serta penilaian akhir pelaksanaan pembelajaran (post test) oleh peneliti untuk melihat hasil belajar siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik Diskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa melalui Model Pembelajaran JIGSAW selama dua siklus maka kemampuan siswa dalam menyerap topik pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat dapat ditingkatkan dengan rata-rata kelas awal 54,85 (kategori kurang) menjadi 65,25 (kategori cukup) atau meningkat sebesar 18,96%. Selanjutnya dari hasil tindakan observasi/supervisi oleh Kepala Sekolah selama dua siklus, melalui pengisian angket berupa Instrumen Penilaian Kinerja Guru I dan II diperoleh data bahwa kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran meningkat sebesar 35,71% sedangkan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat sebesar 22,22%. Hal ini berarti dengan tindakan yang dilakukan Kepala Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengefektifkan pembelajaran sebesar 28,21%.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar